Variabel hanyalah lokasi memori yang dicadangkan untuk
menyimpan nilai-nilai. Ini berarti bahwa ketika Anda membuat sebuah variabel
Anda memesan beberapa ruang di memori.
Berdasarkan jenis data variabel, sistem operasi
mengalokasikan memori dan memutuskan apa yang dapat disimpan dalam memori
dilindungi. Oleh karena itu, dengan menetapkan jenis data yang berbeda untuk
variabel, Anda dapat menyimpan bilangan bulat, desimal, atau karakter dalam
variabel tersebut.
Ada dua jenis data yang tersedia di Java:
·
Primitive Data Types
·
Reference/Object Data Types
Tipe Data Primitif:
Ada delapan tipe data primitif yang didukung oleh Java. Tipe
data primitif yang telah ditetapkan oleh bahasa dan dinamai oleh kata kunci.
Mari kita melihat ke dalam detail tentang delapan tipe data primitif.
byte:
Tipe data byte adalah 8-bit ditandatangani melengkapi dua
itu integer.
Nilai minimum adalah -128 (-2 ^ 7)
Nilai maksimum adalah 127 (inklusif) (2 ^ 7 -1)
Nilai default adalah 0
Byte tipe data yang digunakan untuk menghemat ruang di array
besar, terutama di tempat bilangan bulat, karena byte adalah empat kali lebih
kecil dari int.
Contoh: byte = 100, byte b = -50
Singkatnya:
Tipe data pendek adalah 16-bit ditandatangani melengkapi dua
itu integer.
Nilai minimum adalah -32.768 (-2 ^ 15)
Nilai maksimum adalah 32.767 (inklusif) (2 ^ 15 -1)
Tipe data pendek juga dapat digunakan untuk menyimpan memori
sebagai tipe data byte. Sebuah singkat adalah 2 kali lebih kecil dari int
Nilai default adalah 0.
Contoh: pendek s = 10000, r = -20000 singkat
int:
Int tipe data adalah 32-bit ditandatangani melengkapi dua
itu integer.
Nilai minimum adalah -. 2147483648 (- 2 ^ 31)
Nilai maksimum adalah 2147483647 (inklusif). (2 ^ 31 -1)
Int umumnya digunakan sebagai tipe standar data untuk nilai
integral kecuali ada kekhawatiran tentang memori.
Nilai default adalah 0.
Contoh: int a = 100000, int b = -200.000
panjang:
Panjang tipe data adalah 64-bit ditandatangani melengkapi
dua itu integer.
Nilai minimum adalah -9.223.372.036.854.775.808. (- 2 ^ 63)
Nilai maksimum adalah 9,223,372,036,854,775,807 (inklusif).
(2 ^ 63 -1)
Jenis ini digunakan ketika jangkauan yang lebih luas
daripada int diperlukan.
Nilai default adalah 0L.
Contoh: panjang a = 100000L, panjang b = -200000L
mengapung:
Jenis data float adalah satu-presisi 32-bit IEEE 754
floating point.
Mengambang terutama digunakan untuk menyimpan memori dalam
array besar angka floating point.
Nilai default adalah 0.0f.
Mengapung tipe data tidak pernah digunakan untuk nilai-nilai
yang tepat seperti mata uang.
Contoh: mengapung f1 = 234.5f
ganda:
ganda tipe data adalah presisi ganda 64-bit IEEE 754
floating point.
Tipe data ini umumnya digunakan sebagai tipe data default
untuk nilai desimal, umumnya pilihan default.
Ganda tipe data tidak boleh digunakan untuk nilai-nilai yang
tepat seperti mata uang.
Nilai default adalah 0.0d.
Contoh: double d1 = 123,4
boolean:
boolean tipe data merupakan satu bit informasi.
Hanya ada dua kemungkinan nilai: true dan false.
Tipe data ini digunakan untuk bendera sederhana yang melacak
benar / kondisi palsu.
Nilai default adalah palsu.
Contoh: boolean = true satu
Char:
tipe data char adalah satu 16-bit karakter Unicode.
Nilai minimum adalah '\ u0000' (atau 0).
Nilai maksimum adalah '\ Uffff' (atau 65.535 inklusif).
Char tipe data yang digunakan untuk menyimpan karakter
apapun.
Contoh: char huruf a = 'A'
Jenis referensi data:
Variabel referensi dibuat menggunakan konstruktor
didefinisikan dari kelas. Mereka digunakan untuk objek akses. Variabel ini
dinyatakan dari jenis tertentu yang tidak dapat diubah. Misalnya, Karyawan,
Puppy dll
Objek kelas, dan berbagai jenis variabel array yang berada
di bawah referensi tipe data.
Nilai default dari variabel referensi adalah null.
Sebuah variabel referensi dapat digunakan untuk mengacu pada
setiap objek dari jenis yang dinyatakan atau jenis yang kompatibel.
Contoh: Hewan hewan = Animal baru ("jerapah");
Java Literals:
Sebuah literal adalah representasi kode sumber dari nilai
tetap. Mereka diwakili langsung dalam kode tanpa perhitungan apapun.
Literal dapat diberikan ke setiap variabel tipe primitif.
Sebagai contoh:
byte a = 68;
char a = 'A'
byte, int, long, and short dapat dinyatakan dalam desimal
(basis 10), heksadesimal (basis 16) atau oktal (basis 8) sistem nomor juga.
Awalan 0 digunakan untuk menunjukkan oktal dan awalan 0x
mengindikasikan heksadesimal ketika menggunakan sistem nomor ini untuk literal.
Sebagai contoh:
int decimal = 100;
int octal = 0144;
int hexa = 0x64;
String literal di Java ditentukan seperti mereka berada di
kebanyakan bahasa lain dengan melampirkan urutan karakter antara sepasang tanda
kutip ganda. Contoh string literal adalah:
"Hello World"
"two\nlines"
"\"This is in quotes\""
String dan arang jenis literal dapat mengandung karakter
Unicode. Sebagai contoh:
char a = '\u0001';
String a = "\u0001";
Bahasa Java mendukung beberapa escape sequence khusus untuk
String dan literal arang juga.
Mereka adalah:
Notation
|
Character represented
|
\n
|
Newline (0x0a)
|
\r
|
Carriage return (0x0d)
|
\f
|
Formfeed (0x0c)
|
\b
|
Backspace (0x08)
|
\s
|
Space (0x20)
|
\t
|
tab
|
\"
|
Double quote
|
\'
|
Single quote
|
\\
|
backslash
|
\ddd
|
Octal character (ddd)
|
\uxxxx
|
Hexadecimal UNICODE character (xxxx)
|
No comments:
Post a Comment